Manfaat Vitamin D dapat Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Manfaat Vitamin D dapat Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Vitamin D : Google.com
Brmunadion - Orang yang memiliki kadar vitamin D tinggi dalam darah mereka memiliki risiko rendah terkena kanker usus besar atau kanker kolorektal.

Vitamin D juga dapat melindungi beberapa orang dari kanker kolorektal dengan meningkatkan kewaspadaan sistem kekebalan tubuh untuk mengenali dan melawan sel tumor. Hal ini menurut sebuah studi baru oleh Dana-Farber Cancer Institute.

"Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa vitamin D meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mengaktifkan sel limfosit T yang dapat mengenali dan menyerang sel kanker,” kata Penulis senior studi tersebut, Shuji Ogino, sebagaimana dilansir dari Medindia, Jumat (16/1/2015).

Dalam studi tersebut, Ogino mengatakan mereka ingin menentukan apakah fenomena ini akibat vitamin D, yang berperan dalam peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh yang dapat menurunkan risiko kanker kolorektal, terkait dengan tingkat peredaran vitamin yang tinggi di peredaran darah.

Untuk mengetahui hal tersebut, tim peneliti menganalisis data dari 170.000 peserta. Peneliti membandingkan kelompok-kelompok terpilih dengan 318 pasien kanker kolorektal dan 624 individu yang bebas kanker.

Total 942 subjek penelitian memiliki sampel darah yang diambil pada 1990-an, sebelum mereka mengidap kanker. Para peneliti menguji sampel ini untuk melihat kadar 25-hydroxyvitamin D, 25 (OH) D, yaitu zat yang diproduksi di hati dari vitamin D.

Para peneliti menemukan bahwa pasien yang memiliki 25 (OH) D dalam kadar tinggi rata-rata memiliki risiko mengembangkan tumor kolorektal lebih rendah akibat sel sistem kekebalan tubuh yang meningkat. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Gut. Description: Manfaat Vitamin D dapat Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Manfaat Vitamin D dapat Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Vitamin D dapat Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar"

Post a Comment