Pengenalan VGA PC/Pengertian VGA

Pengenalan VGA PC?

              Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah infoe mngenai pengenalan lebih jauh mengenai VGA komputer/PC. yang bagi sebagian orang belum mengetahuinya. dan dalam artikel ini saya akan membahasnnya secara seksama. untuk anda ketahui. bagi sedang ingin membeli VGA sebaiknya anda membaca artikel ini.. Mari kita simak dibawah ini secara baik-baik!!!


Pengertian VGA Onboard dan Card - VGA atau Video Graphics Array adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengolah data menjadi sebuah tampilan grafis yang kemudian ditampilkan pada layar monitor/output. Untuk melakukan proses ini, sebuah VGA memiliki processor dedicated sendiri yang disebut GPU (Graphics Processing Unit) dan Memory. GPU dan Memory berpengaruh pada kualitas grafis yang ditampilkan. Sebagai contoh, komputer A menggunakan VGA Radeon HD 7770 1GB DDR3 dan komputer B menggunakan VGA Radeon HD 5450 1GB DDR3. Seperti yang dapat kita lihat, kedua komputer tersebut menggunakan memory yang sama kapasitasnya maupun tipenya. Namun, kualitas grafis yang ditampilkan tidak sama karena GPU yang digunakan berbeda (HD 7770 dan HD 5450).
Pengertian VGA Onboard

VGA Onboard adalah VGA yang terintegrasi di dalam mainboard. VGA jenis ini biasanya berbentuk Chip pada mainboard tanpa adanya dedicated processor. Kerja VGA Onboard harus dibantu oleh processor utama pada mainboard sehingga kemampuan yang dimiliki terbatas. Namun, VGA ini juga memiliki kelebihan yaitu kita tidak perlu membeli VGA Card/Add-on dengan harga yang cukup mahal. Pada beberapa kasus seperti pada processor Intel seri Sandy, Ivy, Haswell dan AMD APU, VGA (dapat disebut GPU) sudah ditanamkan pada processor (bukan pada mainboard)..

VGA Onboard pada Laptop

Pengertian VGA Card

VGA Card dapat dibilang vga yang tidak memiliki batas kemampuan karena akan selalu ada produk vga card baru dengan kemampuan yang tentunya baru dari sebelumnya. VGA Card memiliki bentuk sendiri yang dapat ditanamkan pada slot di mainboard. Slot yang digunakan oleh VGA Card biasanya adalah AGP, PCI, PCIe. Slot VGA Card saat ini yang populer digunakan pada VGA Card terbaru adalah PCI Express (PCIe).





VGA Card ASUS HD 6670

Perbedaan VGA Onboard dan Card

a. Memory yang digunakan pada VGA Onboard mengambil memory dari RAM karena VGA Onboard tidak memiliki dedicated memory maupun processor. Dengan begitu, kualitas grafis yang ditampilkan jauh lebih berkualitas pada VGA Card.

b. Untuk membeli sebuah VGA Card perlu biaya yang cukup mahal dibandingkan dengan VGA Onboard yang sudah ada di dalam mainboard. Dengan kata lain, jika ingin merakit komputer dan menghemat biaya maka perlu mempertimbangkan membeli mainboard dengan VGA Onboard atau VGA sudah ada di processor seperti pada processor Intel Sandy, Ivy, Haswell atau AMD APU.

Output VGA Onboard dan Card

Pada VGA, output standar yang digunakan adalah VGA Analog. Output VGA Analog menggunakan port berwarna biru dengan pin sebanyak 15 buah. Output lain yang juga banyak digunakan adalah DVI dan HDMI.


Output pada VGA
Itulah sedikit tentang pengertian vga onboard dan card serta beberapa perbedaan yang ada.

Sekian.Semoga bermanfaat !!! Description: Pengenalan VGA PC/Pengertian VGA Rating: 4.5 Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Pengenalan VGA PC/Pengertian VGA

Related Posts:

0 Response to "Pengenalan VGA PC/Pengertian VGA"

Post a Comment